Friday, October 7, 2016

Mengkompres dalam Split Volume (Part)

Kita sering melihat data hasil kompresan tercipta dalam beberapa file (part). Dalam WinRAR hal ini dinamakan Split to Volume (multi part), dengan kata lain, membuat file kompres menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh. Anda ingin memasukkan file Movie yang berukuran 2 GB kedalam CD. Hal ini tentulah tidak bisa, karena daya tampung sebuah CD adalah 700 MB. Solusinya Anda harus membagi file tsb menjadi beberapa bagian. Dengan menggunakan WinRAR, propses pembagian ini akan dilakukan secara otomatis.

Contoh lain. Anda ingin mengirimkan sebuah file berukuran 100 MB ke teman Anda melalui Email. Hal ini tentu saja merepotkan. Kaarena batasan ukuran untuk satu file adalah 10 MB. Solusinya adalah mengguakan WinRAR. Selain itu dengan membagi file menajdi Part, akan memudahkan upload.

Berikut adalah contohnya. Ada sebuah file berukuran 5 MB. Anda mengiginkan agar hasil kompres berupa file-file dengan ukuran maksimal 1 MB (1000000 Bytes). Maka caranya adalah sbb:
1). Blok file yang ingin dikompres. Kemudian klik kanan pada file tesebut dan klik Add to archice... Seperti pada gamabar di bawah.
2). Pada tab General, pilih Arhive format RAR, dan isi 1000000 tanpa pada Split to Volume. 1000000 bermakna 1 MB (1 juta bytes). Kemudian klik OK.
3). Tunggu hingga proses Andding sesesai.
4). Setelah itu akan tercipta file kompresan RAR yang terbentuk dalam beberapa buah file (part) atau dinamakan Volume.
5). Selesai. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment